Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA Lengkap

Ujian nasional selalu menjadi hal yang teramat penting bagi siswa. Kenapa? Karena kita tahu sendiri bahwa hasil dari ujian nasional akan sangat berpengaruh pada masa depan kita. Kemana kita akan kuliah? Fakultas apa yang akan kita ambil? Jurusan apa yang akan kita masuki? Semuanya sedikit banyak ditentukan dari hasil ujian nasional kita.

Maka tak heran, jika siswa berlomba-lomba untuk mengikuti les atau bimbingan belajar baik secara privat maupun klasikal demi untuk mendapatkan hasil ujian nasional yang optimal. Tak cukup itu saja, bermacam-macam ritual keagamaan juga ditempuhnya. Mulai dari rajin puasa Sunnah, sholat tahajjud, membaca Alquran, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan untuk memperkuat keimanan dan mental dari mereka sendiri. Dan juga tentunya agar mereka semakin dekat dengan Allah SWT sehingga semua doa dan harapannya dikabulkan.

Saya dulu waktu mendekati ujian juga belajar dengan keras. Bahkan saya harus meminta izin dari orang tua untuk tidak banyak terlibat aktivitas sehari-hari seperti mencari kayu bakar dan menggembala kambing. Namun, aktivitas keagamaan tetap berjalan rutin, seperti sholat berjamaah, tidur di masjid, dan mengaji diniyah di masjid.

Satu hal yang pasti, saya dulu mendaftar bab-bab apa saja yang belum saya kuasai. Kemudian saya memberi batasan waktu untuk mempelajarinya. Sayangnya, zaman saya dulu belum ada internet seperti sekarang ini. Sehingga saya kesulitan memperoleh soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Saya hanya belajar dari soal-soal dari guru dan juga pinjam dari teman-teman yang ikut les di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB). 

Dan Alhamdulillah… Allah SWT mentakdirkan saya menjadi siswa peraih nilai UN (NUN) terbaik untuk program IPA di Sekolah saya di Mojokerto.

Untuk itu, kali ini saya ingin membayar hutang. Saya tidak ingin ada siswa sekarang yang keadaannya seperti saya dulu.  Makanya saya berniat untuk senantiasa memberi pembahasan lengkap soal-soal ujian Nasional Matematika. Pembahasan tersebut tersaji dalam video-video berikut ini.

Doakan semoga saya bisa istiqomah membantu siswa-siswi di Indonesia agar lebih baik di bidang Matematika. Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kelebihan

Posting Komentar untuk "Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA Lengkap"