Sabtu, 09 Februari 2013

MENGUKUR TINGGI POHON

Pernahkah kita berpikir tentang bagaimana cara mengukur tinggi pohon atau gedung tanpa harus memanjatnya? Pernahkah kita berpikir bagaimana cara mengukur lebar sungai tanpa harus menyeberanginya? Mengukur tinggi pohon atau gedung tanpa harus memanjatnya dan mengukur lebar sungai tanpa harus menyeberanginya merupakan hal yang sangat mudah bagi orang Teknik apalagi didukung dengan fasilitas alat yang cukup memadai. Akan tetapi jika hal itu dilakukan tanpa alat yang rumit dan canggih apalagi dilakukan oleh anak SD atau SMP mungkin akan menjadi hal yang sangat menarik bagi mereka. 

Ada banyak konsep matematika yang bisa digunakan untuk melakukan hal di atas, yaitu dengan menggunakan konsep kesebangunan, trigonometri, dan lain-lain. Namun kali ini yang digunakan adalah konsep segitiga siku-siku sama kaki (segitiga yang sudutnya 45-45-90). Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan hanya membuat segitiga siku-siku sama kaki dari kertas kardus atau steoroform. Tentu sangat sederhana jika dibandingkan dengan klinometer tapi fungsinya lebih efisien. 

Selanjutnya jika kita ingin mengukur tinggi pohon, kita hanya memastikan bahwa segitiga yang kita pegang itu posisinya tepat tegak lurus dengan tanah dan sisi miringnya segaris antara mata dan puncak pohon. Jika sudah maka akan terbentuk sebuah trapesium seperti di bawah ini.

Keterangan: AB = tinggi orang, AE = jarak kita pada pohon, CE = Tinggi pohon

Berikutnya kita tinggal menjumlahkan jarak kita pada pohon dengan tinggi kita maka akan diperoleh tinggi pohonnya. Bagaimana dengan mengukur lebar sungai tanpa harus menyeberanginya? Silakan dipikirkan caranya jika menggunakan konsep seperti ini.

Oh Ya... Berikut ini adalah suasana pembelajaran tentang mengukur tinggi pohon:
8J sedang mencari posisi yang tepat
8G sedang berdiskusi
8C sedang melihat tinggi pohon dengan segitiga
8E sedang mengukur jarak pohon


























































Silakan dicoba, semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Poskan Komentar