AJARKAN ANAK ANDA UNTUK MENCINTAI MATEMATIKA

Matematika adalah pelajaran yang paling ditakuti dan dibenci di sekolah. Namun, beberapa perubahan dalam metode pengajaran akan mendorong anak Anda untuk menikmati belajar itu. Cari tahu bagaimana Anda dapat membantu anak Anda mengubah persepsi itu. 

Ketakutan dan kebencian mereka dengan angka sudah mendarah daging, bahkan tidak hanya anak-anak tetapi juga beberapa orang dewasa. Anda bisa menggunakan tips-tips berikut agar anak anda cinta dengan Matematika. 

Temukan pentingnya matematika 

Sebelum Anda mengajar anak Anda, Anda perlu memahami pentingnya matematika sendiri. Jika tidak, anak Anda pasti takut atau tidak suka matematika. Pahami konsep Anda dengan baik sebelum Anda menjelaskan kepada anak Anda. 

Matematika dan dunia nyata 

Sedapat mungkin hubungkan Matematika dengan dunia nyata. Ambil, misalnya, hari-hari biasa dalam kehidupan kebanyakan orang. Anda bangun di pagi hari dan menonton prakiraan cuaca, yang telah dihitung dengan menggunakan persamaan yang kompleks. Anda menggunakan pecahan untuk membagi buah di antara anggota keluarga Anda. Anda mungkin hindari merokok karena statistik menunjukkan bahwa merokok menyebabkan kanker. Jadi Anda lihat, matematika mengatur hidup kita dengan cara yang lebih dari yang kita bisa bayangkan. Caranya adalah dengan membantu anak Anda memahami hubungan antara konsep-konsep matematika yang kompleks dan dunia di sekelilingnya. Jadikanlah matematika bagian dari kehidupan sehari-hari anak Anda. Ketika ia menemani Anda ke toko, minta dia untuk membantu Anda menambahkan harga di tagihan. 

 Membuat pembelajaran yang menarik 

Setelah Albert Einstein besar berusia empat tahun dan sakit di tempat tidur. Untuk mengatasi kebosanan, ayahnya berbakat dia kompas magnetik. Muda Albert terpesona oleh kenyataan bahwa tidak peduli ke arah mana ia berbalik kompas, kebutuhan akan menunjuk ke arah yang sama. Dia mengasah daya tarik ini untuk fenomena alam di kemudian hari menjadi fisikawan terhebat di dunia. Memberikan contoh-contoh dunia nyata Ambil benang dan membuat lingkaran sempurna (dengan mengikat sekitar objek bulat). Sekarang tarik benang lurus melalui pusat lingkaran. Ujung-ujung benang kedua harus menyentuh kedua sisi lingkaran. Mintalah anak Anda untuk mengukur dua percobaan tersebut. Bagilah pertama (Keliling) oleh kedua (diameter) untuk mendapatkan nomor yang kira-kira sama dengan 3,1415926. Cobalah untuk ukuran lingkaran yang berbeda. Angka tersebut selalu sama dan dikenal sebagai 'pi'. Anda bisa menjelaskan konsep-konsep lain seperti urutan Fibonacci, nol, berarti emas, dll dengan cara yang sama. 

Menceritakan latar belakang Ilmuwan dan teorinya 

Kadang-kadang, perlu untuk menjelaskan bagaimana teori dikembangkan sebelum menjelaskan apa teori ini. Misalnya, kisah terkenal Archimedes dapat digunakan untuk menjelaskan prinsip perpindahan. 

Ajarkan kosakata matematika 

Salah satu alasan mengapa anak-anak menganggap matematika menakutkan adalah bahwa istilah dan notasi yang digunakan adalah membingungkan. Bantulah anak Anda mempelajari dasar-dasar dengan menggunakan kartu flash, permainan, mainan seperti blok bangunan, dan diagram. Juga, menggunakan banyak teka-teki. Cobalah merumuskan masalah saat mengajarkan konsep. Misalnya, bagaimana dia akan membagi tiga pisang diantara keempat temannya? Ini akan membantu anak Anda memahami permasalahan. 

Gunakan metode yang lebih cepat 

Dengan menggunakan metode yang lebih cepat, anak Anda dapat dengan mudah mengembangkan kepercayaan diri. Jika anak Anda menemukan matematika sulit, jangan berkecil hati. Berfikirlah positif setiap saat. Ingat - pembelajaran matematika tidak hanya terbatas untuk mendapatkan skor yang baik dalam ujian, tetapi lebih kepada kemampuan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan mereka kelak. 

Semoga Bermanfaat!!! 
Sumber: www.examiner.com

Posting Komentar untuk "AJARKAN ANAK ANDA UNTUK MENCINTAI MATEMATIKA"